Selasa, 30 Oktober 2012

TANGGAL TERBURUK AL MALAYSIA

FAKTA!!!!!!!!

10/09/1962

Menjadi tanggal terburuk Malaysia terutama untuk AL Malaysia ..

Pasalnya pada tahun tersebut Indonesia dan Malaysia memanas sehingga Indonesia menyiapkan Personel dari berbagai Matra untuk menyerbu Semenanjung , Natuna , dan Sabah Serawak (Kalimantan Utara)
.
Tanggal 10/09/1962 AL Malaysia meluncurkan 3 Kapal Destroyer(Perusak) dan 2 Frigate (Pencegat Kapal Selam) ke ar
ah perairan Natuna dengan Misi "COMBAT PATROL" .. Setelah berlayar ±20 Mil Laut dari Lepas Pantai Semenanjung Malaya , Mereka bertemu dengan Armada TNI AL yang diluncurkan dari Pangkalan AL Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Priok di Jakarta dengan Kekuatan 1 Kapal Penjelajah Berat (KRI Irian 201) dan 20 Destroyer dan 5 Korvet ..

Armada TNI AL tersentak kaget melihat Armada Patroli Malaysia yang bergerak menuju ke arahnya .. Akhirnya KRI Irian yang merupakan kapal kebanggaan rakyat Indonesia menembakan 1 Turret Meriam 6 Inchi ke Permukaan Air sebagai peringatan ..

Namun , Malaysia malah menggangap nya hanya gertakan semata dan malah membalas tembakan TNI AL dengan meriam 30 mm dari Kapal AL Malaysia bermomor 109 ..

Dengan Geramnya KRI Irian dan dibantu 20 Destoyer menembakan peluru 105 mm dan langsung menghantam lambung kapal , anjungan , dek senjata , kubah meriam 30 mm , ruang mesin kapal , dan lebih dari 200 awak kapal , 30 Perwira Dek , dan 2 Perwira tinggi (Laksamana) tewas , dan sisanya menceburkan diri ke laut dan berenang ke arah kapal bernomor 290 berjuluk "Hiu Malaya"

Armada TNI AL tidak tinggal diam ,, sebagai tembakan pengusiran ,, KRI Irian menembakan kembali ke empat turret meriam 6 Inchi dan 20 Unit Meriam 30 mm ke arah Hiu Malaya tepat di bagian Buritan kapal dan Menewaskan 20 Awak Kapal dan 2 Perwira Dek ..

15 Menit Kemudian Armada AL Malaysia mundur dari garis tembakan KRI Irian dan kapal lainnya menuju ke perbatasan perairan teritorial Malaysia dan Indonesia ..

Alhasil : Armada TNI AL , menang dalam pertempuran Laut di Natuna ..
Karena Malaysia malu dengan Inggris akan kekalahannya di laut Natuna , mereka membuat perjanjian dengan Indonesia dengan berbagai persyaratan salah satunya dengan tidak mempublikasikan berita ini ke dunia ..
Dan setiap tanggal tersebur merupakan hari terburuk bagi sejarah AL Malaysia ..

Info : Satria Mandala Museum / Navy Historical of Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Template Design By:
SkinCorner