Selasa, 20 November 2012

Amalan Kecil Yang Menghantarkan Ke Surga

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabat saudaraku fillah yang semoga dirahmati Allah... sesungguhnya surga bukan hanya hak para nabi, syuhada dan ulama. Jika saat ini kita merasa hanyalah orang kebanyakan dengan amalan yang tak sebanding dengan mereka, itu bukan berarti kita tak berhak atas surga yang penuh kenikmatan. Karena amalan kecil pun
bisa menghantarkan kita ke sana, misalnya :

1.> Berdzikir kepada Allah

“Ada dua kalimat yang ringan bagi lisan, berat dalam mizan (timbangan amal) dan dicintai Ar-Rahmaan: ‘Subhanallahu wa bihamdih’ (Maha Suci Allah dan dengan pujian-Nya kami memuji) ‘Subhanallah al-Azhiim’ (Maha Suci Allah Dzat Yang Maha Agung).” (HR Bukhari dan Muslim)

2.> Menuntut ilmu syar’i

“Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR Muslim no 2699)

3.> Menahan marah

“Barangsiapa yang menahan amarahnya padahal dia mampu untuk melampiaskannya, niscaya Allah akan memanggilnya pada hari kiamat di hadapan para makhluk sampai Allah memilihkan untuknya bidadari-bidadari yang dia suka.” (Dihasankan oleh Imam at-Tirmidzi dan disepakati oleh Syaikh al-Albani)

4.> Membaca ayat kursi
“Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setiap selesai shalat, maka tidak ada yang dapat menghalanginya untuk masuk surga kecuali jika dia mati.” (HR an-Nasaa’i dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani).Maksudnya adalah jika dia mati, dia akan masuk surga dengan rahmat dan karunia Allah ‘Azza wa Jalla.

5.> Menyingkirkan gangguan di jalan

“Sungguh aku (Rasulullah) telah melihat seorang lelaki mondar-mandir di dalam surga dikarenakan sebuah pohon yang dia tebang dari tengah jalan yang selalu mengganggu manusia” (HR. Muslim)

6.> Menjauhi perdebatan walau dalam pihak yang benar

“Aku akan menjamin sebuah rumah di dasar surga bagi orang yang meninggalkan debat meskipun dia berada dalam pihak yang benar. Dan aku menjamin sebuah rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta meskipun dalam keadaan bercanda. Dan aku akan menjamin sebuah rumah di bagian teratas surga bagi orang yang membaguskan akhlaqnya.” (HR Abu Dawud dan dihasankan oleh Syaikh al-Albani)

7.> Berwudhu lalu sholat sunnah dua rakaat (syukrul wudhu)

”Tidaklah seorang muslim berwudhu’ lalu dia baguskan wudhu’nya, kemudian dia berdiri shalat dua raka’at dengan menghadapkan hatinya dan wajahnya pada kedua raka’at itu, melainkan surga wajib baginya.” (HR Muslim)

Selain yang tertera di atas tentu masih banyak amalan lain yang bisa menghantarkan kita ke surga.Namun tentu saja harus melaksanakan dulu amalan wajib dan menjauhi apa yang dilarang Allah.Kunci semua amalan itu adalah ikhlas karena Allah, disertai dengan ilmu yang benar serta kebersihan hati. Hal ini sangat besar nilainya di sisi Allah.Hanya karena rahmat Allah lah Insya Allah kita kelak bisa berkumpul di surga.

Oleh karena itu janganlah berputus asa atas rahmat Allah. Sungguh Dia Maha Pemberi Karunia. Jika kita ikhlas, tulus dan mengerjakan dengan penuh cinta, Insya Allah Dia tak kan menyia-nyiakan hamba-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Template Design By:
SkinCorner