Kamis, 15 November 2012

Israel-Hamas Berdamai, Gaza Kembali Tenang


REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Israel dan Hamas menyatakan telah mencapai kesepakatan untuk melakukan gencatan senjata pada Ahad (11/11) malam waktu setempat. Kondisi Gaza pun kembali tenang se
telah sebelumnya sempat memanas.

Seperti dikutip dari Alarabiya, Senin (12/11), Mesir menjadi penengah antara kedua negara tersebut yang tengah bersitegang. "Mesir berperan sebagai mediator dan berusaha untuk menjamin gencatan senjata," kata sumber-sumber keamanan Mesir kepada AFP.

Para pejabat Palestina menyatakan dua kelompok militan utama di jalur Gaza, Hamas dan Jihad Islam siap menghormati gencatan senjata tersebut. Komitmen yang sama juga akan dilakukan Israel.

Sebelumnya, hubungan Israel-Palestina kembali memanas sejak Sabtu (10/11). Ketegangan tersebut terjadi ketika militan-militan Gaza menembakkan rudal anti-tank ke sebuah kendaraan jeep Israel di perbatasan Gaza. Akibatnya, empat tentara Israel luka-luka.

Militer Israel pun membalas dengan melancarkan serangan-serangan udara dan tembakan artileri ke Palestina. Serangan Israel itu menewaskan enam warga Palestina dan puluhan orang lainnya terluka.

Kondisi semakin memanas dengan adanya pernyataan dari sejumlah pejabat Israel. Menteri Israel Urusan Militer, Ehud Barak, mengatakan negeranya akan menimbang beberapa pilihan guna menghukum Palestina, salah satunya menyerang Gaza.


Gaza Mencekam Usai Diserang Israel

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA CITY – Sabtu (10/11), menjelang Magrib waktu Jalur Gaza, zionis Israel melontarkan tiga roket ke arah pemukiman warga Gaza di wilayah Khuza'ah, Gaza Selatan dan di Sijaiyah, Gaza Timur.

Selain itu, militer Israel juga melontarkan roket ke rumah duka di Gaza selatan. Akibat serangan tersebut, empat warga Gaza tewas dan 30 warga lainnya luka-luka.

Sebagian besar dari mereka menderita luka serius dan segera dilarikan ke Rumah Sakit Asy-Syifa di Gaza City. Beberapa di antara para korban adalah anak-anak. Dua orang yang syahid adalah dari keluarga al-Hararah.

Berdasarkan hasil pantauan dari radio milik Israel, disebutkan bahwa satu mobil Jeep milik tentara Israel berhasil ditembak oleh pejuang Palestina menggunakan roket.

Jeep tersebut terbakar dan melukai empat tentara Israel. Hingga Ahad (11/10) ini, kondisi Jalur Gaza masih mencekam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Template Design By:
SkinCorner