Kamis, 15 November 2012

Lebih Dekat Dengan Pesawat Tempur J-15 China


Pesawat tempur Shenyang J-15 adalah pesawat tempur carrier-based (basis kapal induk) yang dikembangkan oleh Shenyang Aircraft Corporation dan Institut 601 sebagai pesawat tempur carrier-b
ased masa depan Angkatan Bersejata China (PLA). Awalnya, rumor pesawat J-15 memiliki fitur siluman, namun kemudian didapati jika J-15 ini dibuat berdasarkan pada Sukhoi Su-33 yang dilengkapi dengan radar dan senjata buatan dalam negeri China.

Disebutkan, China mengembangkan J-15 ini berdasarkan prototipe Sukhoi Su-33, yaitu T-10K-3, yang diperoleh dari Ukraina pada tahun 2001, lalu dipelajari dengan ekstensif oleh China. Kemudian lahirlah J-15 yang tampilan strukturalnya memang sama dengan dengan Sukhoi Su-33. Pesawat tempur J-15 ini pertama kali terbang pada tanggal 31 Agustus 2009.

Pada Oktober lalu, pesawat ini telah diujicobakan untuk landing dan take-off di atas kapal induk pertama China Liaoning dan berhasil. Para analis kedirgantaraan mengindikasikan bahwa J-15 lah yang akan menjadi bagian dari kapal induk China Liaoning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Template Design By:
SkinCorner